Need Help? Chat with us

Tips memilih Laptop dan PC

5-tips-memilih-notebook 

Laptop atau PC biasanya dipakai pengguna untuk membantu kinerja sehari-hari. Selain itu,  juga bisa digunakan sebagai sarana bermain game atau kinerja lainnya. Saat ini notebook atau laptop sudah tidak menjadi barang premium lagi bagi kita. Meski begitu, masih sedikit orang tahu bagaimana memilih laptop yang baik.

Nah, bagi yang memerlukan referensi atau panduan tentang bagaimana memilih laptop, kami akan memberikan tips bagaimana memilih laptop atau PC yang baik sesuai dengan kebutuhan anda.

Berikut tips dari kami:

 

  • Sesuaikan dengan Kebutuhan

 

Mobile Notebook

Anda yang sering bepergian atau sering melakukan perjalanan baik untuk keperluan pekerjaan (membaca dan membalas email; membaca artikel) atau hiburan, maka anda bisa memilih laptop yang didesain untuk mobiling. Biasanya laptop yang cocok digunakan berukuran di bawah 14 inci. Ukuran yang slim dan ramping akan lebih nyaman dibawa ke mana-mana, sehingga orang tidak mudah capek membawanya. Selanjutnya, laptop yang mudah digunakan seperti dapat dilipat, touchscreen, ataupun dapat dilepas seperti tablet. Selain itu, daya baterai juga sangat perlu diperhatikan. Orang yang aktivitas kesehariannya mobiling membutuhkan daya baterai yang tahan lama dan tidak memerlukan spesifikasi laptop yang tinggi.

Office Notebook

Office notebook bisanya digunakan oleh orang-orang yang bekerja di kantor dengan pekerjaan umumnya mengelola pekerjaan dokumentasi atau lebih sering mengetik, dan membuat gambar ringan. Atau biasanya untuk anak-anak sekolah yang digunakan untuk sekedar mengerjakan tugas ringan seperti Microsoft Office (Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Powerpoint, dan lain-lain). Laptop yang paling cocok adalah yang memiliki ukuran layar yang lebar dan desain keyboard yang nyaman digunakan oleh jari. Biasanya mereka hanya akan berkutat berjam-jam di depan layar monitor, sehingga layar yang lebar dan desain keyboard yang nyaman tidak akan membuat mereka merasa cepat lelah.

Design Notebook

Orang-orang yang menggunakan laptop untuk design grafis seperti editing film, editing musik, mendesain gambar, editing foto, dan lain-lain, biasanya membutuhkan spesifikasi laptop yang lebih tinggi. Hal tersebut karena pekerjaan grafis umumnya menggunakan beberapa software desain grafis yang membutuhkan kapasitas VGA, Processor, RAM, maupun Hardisk yang mumpuni untuk mendukung kinerjanya. Laptop yang didesain untuk kinerja grafis biasanya membutuhkan layar yang lebar dan sudah ada VGA. Design notebook juga bisa digunakan untuk bermain game ringan karena sudah memiliki VGA yang berfungsi untuk membaca grafik gambar.

Gaming Notebook

Gaming notebook biasanya dipakai oleh orang-yang memiliki hobi bermain game. Laptop yang digunakan adalah laptop yang didesain khusus untuk para gamer sejati. Biasanya laptop yang digunakan untuk bermain game adalah yang memiliki spesifikasi yang tinggi seperti VGA dan Processor yang cukup untuk mendukung performa saat bermain game. Body laptop untuk gamer sejati biasanya lebih kokoh dan memiliki ukuran layar yang lebar sehingga tidak membuat mata cepat lelah. Laptop untuk kebutuhan gaming memang akan berkerja lebih keras, oleh karena itu biasanya dilengkapi dengan pendingin khusus yang lebih baik dibanding dengan laptop-laptop biasa.

Jika Anda sudah tahu kebutuhan Anda, maka kami akan memberikan sekilas pengetahuan mengenai spesifikasi laptop atau PC. Berikut ulasannya:

spesifikasi

Processor

Processor merupakan otak dari PC atau laptop  yang berfungsi untuk mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. Komponen ini merupakan spesifikasi yang paling penting dan utama yang harus anda lihat sebelum membeli PC  atau laptop. Mengapa demikian? karena processor adalah bagian komputer yang menentukan kecepatan dari sebuah komputer. Jenis-jenis processor yang sangat terkenal dan bersaing ketat di pasaran adalah processor buatan Intel dan AMD. Mana yang lebih bagus? Semua punya kelebihan masing-masing.

Baik Intel maupun AMD sama-sama memiliki tingkatan. Secara umum, tingkatan Intel dari yang paling rendah yaitu Atom, Celeron, Dual Core (Celeron dan Pentium), i3, i5, dan yang paling tinggi adalah i7. AMD pun secara umum memiliki tingkatan seperti E-2, A-4, A-6, A-8, dan A-10.

RAM

RAM (Random Acces Memory) merupakan salah satu jenis memori pada laptop yang berfungsi untuk menyimpan data dan pemrosesan data sementara. Semakin tinggi kapasitas yang dimiliki memori, semakin leluasa anda memroses banyak aplikasi. RAM memegang data dan instruksi komputer saat bekerja. Misalnya, jika Anda menggunakan Microsoft Word untuk mengetik, data dan instruksi untuk melaksanakan program ini sementara dipegang oleh RAM. Ketika program ditutup, data dan instruksi untuk menjalankannya juga terhapus dari RAM.

Sangat perlu diperhatikan bahwa kapasitas memori harus seimbang dengan spesifikasi processor. Jika tidak seimbang, maka kinerja dari processor akan terganggu. Untuk ukuran RAM di pasaran sangatlah beragam. Umumnya RAM kisaran 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB dan mungkin masih ada lagi menyesuaikan perkembangan zaman.

Harddisk atau HDD

HDD (Hard Disk Drive) adalah media penyimpanan. Semakin besar kapasitas harddisk, semakin banyak data yang bisa disimpan. Kapasitas yang sekarang banyak digunakan umumnya kisaran 500 GB dan 1 TB (Terra byte).

OS (Operating System)

OS (Operating System) merupakan perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. 

OS adalah  software pada lapisan pertama yang diletakkan pada Harddisk saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah OS berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software tersebut.

OS berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, berfungsi juga melakukan semua perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. OS akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.Contoh-contoh dari OS misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain.

VGA (Video Graphics Adapter)

Video Graphics Adapter (VGA) merupakan salah satu komponen laptop yang berfungsi mengolah data grafis untuk ditampilkan pada layar monitor. VGA juga memiliki processor yang disebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memori. Semakin baik kualitas VGA, semakin baik kualitas grafis yang ditampilkan.

Beberapa perusahaan yang memproduksi VGA Card adalah ADM Radeon dan NVIDIA. Kedua VGA ini memiliki kelebihan masing-masing.

Ukuran Layar (Display)

Setiap komputer  atau laptop memiliki ukuran yang berbeda-beda. Display merupakan ukuran layar yang dimiliki dari laptop dan monitor PC. Ukuran laptop maupun komputer  ini bervariasi. Ukuran display yang paling kecil yakni 10,1 inci, untuk yang lebih dari itu seperti 11, 6 inci; 13,3 inci; 14 inci; 15, 6 inci; dan lain sebagainya. Anda bisa menentukan pilihan laptop atau PC sesuai dengan yang anda inginkan.

 

  • Garansi atau Service Center

garansi

Garansi adalah salah satu hal yang harus anda perhatikan dalam memilih laptop, karena biasanya lama waktu garansi dapat menjadi acuan suatu produk  itu bagus atau tidak. Usahakan Anda membeli laptop atau PC di tempat yang memberikan garansi resmi nasional, sehingga meskipun Anda ke luar kota dan terjadi masalah pada laptop atau PC Anda , maka tersedia service center resmi yang dapat didatangi.

Di samping itu, usahakan mencari laptop dengan lokasi service center yang tidak begitu jauh dari tempat tinggal anda. Kenapa demikian? karena apabila terjadi masalah atau kerusakan di kemudian hari, anda dengan mudah mengatasinya. Jika ada service center yang mau datang ke rumah itu sangat perlu dipertimbangkan, karena kita tidak perlu datang ke tempat service center.

Demikian ulasan bagaimana memilih laptop atau PC yang baik sebagi bahan referensi Anda. Cek dulu sebelum Anda membawa pulang laptop atau PC yang sudah anda beli agar merasa puas setelah berbelanja. Semoga ulasan ini bisa membantu Anda. Selamat berbelanja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *